Selasa, 08 September 2015

RENUNGAN UNTUK KITA SEMUA



-- Assalamualaikum wr.wb. --

-- Pada saatnya nanti engkau mati, janganlah engkau bersedih. Jangan pedulikan jasadmu yang sudah mulai layu, karena kaum kaum muslimin akan mengurus jasadmu.

-- Mereka akan melucuti pakaianmu, memandikanmu, dan mengkafanimu lalu membawamu ke tempatmu yang baru, kuburan.

-- Akan ada banyak orang yang mengantarkan jenazahmu, bahkan mereka akan meninggalkan pekerjaannya untuk ikut menguburkanmu.

-- Semua barang-barangmu akan dikemasi, kunci-kuncimu, kitab-kitabmu, kopermu, sepatumu, pakaianmu, dan lain-lainnya. Jika keluargamu setuju, barang-barang itu akan disedekahkan agar bermanfaat untukmu.

-- Yakinlah, dunia dan alam semesta ini tidak akan bersedih dengan kepergianmu.

-- Ekonomi akan tetap berlangsung. Posisi pekerjaanmu akan diisi oleh orang lain. Harta bendamu menjadi harta halal bagi ahli warismu. Sedangkan kamu yang akan dihisab dan diperhitungkan untuk mempertanggungjawabkan dari mana hartamu!

-- Mungkin, kesedihan atasmu ada 3 :
1. Orang yang mengenalmu sekilas akan mengatakan, kasihan.
2. Kawan-kawanmu akan bersedih beberapa  jam,  atau  beberapa  hari,  lalu  mereka kembali seperti sediakala dan tertawa tawa.
3. Di rumahmu ada kesedihan yg mendalam. Keluargamu akan bersedih seminggu dua minggu, sebulan dua bulan, dan mungkin hingga setahun?Selanjutnya mereka meletakkanmu dalam arsip kenangan!

-- Demikianlah "Kisahmu ditengah-tengah manusia telah berakhir". Dan kisahmu yang sesungguhnya baru dimulai, di Akhirat !

-- Telah musnah kemuliaan, harta, kesehatan, keluarga, dan yang lainnya. Telah engkau tinggalkan rumah, istana, dan istri tercinta. Kini hidup yg sesungguhnya telah dimulai.

-- Pertanyaannya adalah : Apa persiapanmu untuk kubur dan Akhiratmu ? Hakikatnya inilah yang memerlukan perenungan.

-- Maka sebelum maut menjemput, usahakan dengan sungguh-sungguh : menjalankan kewajiban-kewajiban, hal-hal yang disunnahkan, sedekah rahasia, merahasiakan amal shalih, shalat malam, dan amal ibadah lainnya.

-- Semoga saja engkau selamat.

-- Wassalamualaikum wr.wb. --

-- (Tulisan terbaik Syekh Ali Thanthawi Mesir Rahimahumullah) --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar